Nyamuk! Nyamuk! Dan Nyamuk!


 

Di rumahku, ada nyamuk banyak sekali! Ugh! Sangat mengganggu! Nyamuk hinggap di jemuran, di dinding kamar mandi, di gantungan pakaian, di selimut dan masih banyak lagi tempat yang selalu di hinggapi para nyamuk. Mereka penghisap yang tak pernah bilang dahulu kalau mau menghisap! Hihi. (Ya tentu saja). Mereka menghisap di saat kita menonton TV, bermain komputer, belajar, apalagi saat kita tidur, mereka akan dengan leluasa menghisap darah kita.

Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang merobek kulit kamu maju mundur, hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada di hisap.

Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang dia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setalah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

Nah, untuk menghilangkan rasa gatal karena air liur nyamuk, bilaslah bagian tubuh bekas hisapan nyamuk dengan air dingin, setelah itu oleskan lotion anti nyamuk. Insyaallah rasa gatal akan segera hilang. Untuk lebih lanjut, bersihkanlah ruangan-ruangan di rumahmu agar tidak di hinggapi para nyamuk-nyamuk.