Memahami Sejarah, Fungsi dan Sumber Vitamin C


Vitamin C adalah vitamin yang sangat sering kita dengar oleh telinga kita. Mungkin kita sudah hafal dengan apa manfaat vitamin C dan sumber makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin C. Namun apakah Anda tahu dari mana asal vitamin C dan seluk beluk daripada vitamin ini.
Sebenarnya vitamin C ini adalah vitamin yang larut di dalam air. Vitamin C ini pertama kali ditemukan pada tahun 1928 oleh Albert Szent Gyorgyi dan berkat penemuannya tersebut beliau mendapatkan penghargaan Nobel dalam Fisiologi dan Kedokteran. Vitamin C memang identic dengan asam dan buah-buahan.

Fungsi Vitamin C
Ternyata vitamin C ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bisa berperan sebagai antioksidan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Tubuh juga bisa menjadi lebih kebal terhadap serangan infeksi dikarenakan fungsi vitamin C akan memperkuat imunitas. Namun selain untuk mencegah penyakit, ternyata vitamin C juga berperan aktif dalam meningkatkan kinerja otak manusia dan mempertajam kesadaran.
Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mudah untuk terserang penyakit. Untuk para perokok, nikotin yang terkandung di dalam rokok akan menyebabkan kadar vitamin C dalam darah menjadi berkurang hingga 25% dan akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Kafein juga bisa menyebabkan kadar vitamin C di dalam tubuh kita menjadi berkurang.

Sumber Vitamin C
Mungkin sudah banyak yang mengetahui sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. Sumber vitamin C yang paling banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Untuk buah, yang paling banyak mengandung vitamin C adalah buah lemon karena mengandung 47% lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk.

referensi: www.wikivitamin.com/asam askorbat