Keahlian Wajib Dimiliki Pekerja di Tahun 2013


Bagi karyawan yang ingin maju, kompetensi dasar tidak akan cukup. Untuk memenangkan promosi atau meraih lahan pekerjaan tahun 2013, para ahli mengatakan ada empat keahlian kerja yang wajib dikuasai:

1. Peningkatan produktivitas
Pada tahun 2013, pekerja harus menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitas, para ahli mengatakan bahwa para eksekutif perusahaan mencari peningkatan 20% dalam kinerja karyawan tahun depan dari level saat ini, menurut sebuah survei terbaru. Perusahaan yang sedang mempertimbangkan menambah pekerja di tahun-tahun mendatang ingin karyawan saat ini untuk beroperasi dalam modus pertumbuhan sekarang. “Klien saya sedang mencari karyawan yang memiliki kemampuan besar untuk memahami yang diinginkan dan dibutuhkan tanpa diberitahu,” kata Haberfeld.

2. “Personal Branding”
HRD akan menjelajahi blog, Twitter dan situs jejaring profesional seperti LinkedIn ketika meneliti kandidat, dan penting bahwa mereka menyukai yang mereka temukan.” Sadarilah bahwa jejaring sosial mewakili diri Anda,” kata Peter Handal, CEO dari Dale Carnegie, sebuah perusahaan penyedia jasa pelatihan kerja. Anda harus memastikan personal branding Anda menarik dan positif.

3. Keluwesan
Kemampuan untuk merespon kebutuhan dan perubahan perusahan dengan cepat akan menjadi penting tahun depan. Karena banyak perusahaan akan mencoba menjawab permintaan serta kebutuhan pelanggan dengan gesit. Sedangkan bagi perusahaan yang berencana menambah karyawan, mereka berharap karyawan tetapnya mudah beradaptasi dengan kondisi yang benar-benar baru. Bisa saja, hal yang menjadi pekerjaan Anda tahun ini tidak akan menjadi tugas Anda lagi tahun depan.

4. Komunikasi
Apapun jenis hingga tingkatan jabatan Anda, komunikasi adalah kunci untuk maju. “Kemampuan mengartikulasikan dengan jelas sudut pandang Anda dan kemampuan untuk membuat koneksi menjadi sangat penting,” kata Holly Paul, recruiting leader dari PricewaterhouseCoopers, sebuah perusahaan akuntan dan konsultan yang berbasis di New York, AS.

Bagi pencari kerja pada khususnya, komunikasi yang baik serta dapat memberikan gambaran tentang gaya kerja Anda pada perusahaan. “Saya bisa menilai dari percakapan lima menit dan merasakan antusiasme Anda sekaligus memiliki pemahaman yang baik tentang hal yang menjadi prioritas bagi Anda,” kata Paul.
Sumber: MarketWatch